Fakultas 2018-12-02T17:04:38+00:00

Perkembangan olahraga mengarah pada kemajuan yang semakin kompleks. Di samping banyak ragam kegiatannya, tujuannya juga sifat majemuk. Ditinjau dari fokus kegiatannya dan tujuannya, ada 4 bidang kegiatan olahraga, yaitu : olahraga pendidikan yang berorientasi ke arah pencapaian tujuan pendidikan, olahraga kompetitif yang menekankan pencapaian prestasi, olahraga kesehatan dan rekreasi yang mengutamakan pembinaan kesehatan dan pencapaian tujuan yang bersifat rekreatif, dan olahraga untuk populasi khusus, yakni olahraga bagi orang yang cacad fisik/mental.

Dikaitkan dengan perkembangan kebutuhan dan tuntunan di atas, FPOK menghadapai tantangan baru, lebih-lebih karena kegiatan sudah sejak lama bersifat global. Karena itu, kurikulum FPOK bukan saja berorientasi ke sekolah tetapi juga ke masyarakat. Di samping menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan tinggi di bidang keolahragaan yang mengemban misi pengembangan aspek keilmuannya.

Dalam aspek kependidikan kian kentara desakan bagi peningkatan layanan profesional melalui olahraga yang berakar pada gerak insani untuk pembinaan mutu sumber daya manusia. Dalam bidang olahraga prestai, tuntutan dan tantangannya juga tidak bisa diabaikan dalam kaitannya dengan eksistensi bangsa di forum internasional. Dalam bidang olahraga rekreasi tuntutannya juga semakin meningkat sejalan dengan perubahan sosial, ekonomi, dan budaya yang mempengaruhi gaya dan pola hidup menujun tatanan industri. Dalam aspek di luar kependidikan atau di tengah masyarakat luas, tuntutan peningkatan layanan profesional keolahragaan telah sejak lama dirasakan terutama dalam bidang olahraga kesehatan dan masyarakat.

Sementara itu aspek demokratisasi dan persamaan hak dalam pendidikan jasmani dan olahraga memerlukan penjabaran yang lebih konkret melalui penyediaan kesempatan berolahraga bagi populasi khusus warga masyarakat yang cacad. Di lain pihak, sendi-sendi ilmiah yang melandasi praktik pembinaan juga memerlukan peningkatan, di samping upaya untuk mengintegrasikan secara lebih kompak kaitan antara teori dan praktek. Oleh karena itu pengembangan kurikulum FPOK merupakan satu kebutuhan agar lembaga tersebut mampu merespon aspirasi, kebutuhan dan tuntutan masyarakat, yang semestinya tercermin dalam kurikulum FPOK 2013.

Karakteristik fakultas antara lain tercermin dari misi utama yang diembannya yaitu menyiapkan tenaga profesional dalam bidang keolahragaan yang memiliki kepercayaan diri dan kemandirian dalam pengembangan bidang-bidang teori dan ilmu keolahragaan untuk kemudian diamalkan secara konsekuen dengan memperhatikan etika profesional, terutama olahraga yang berlandaskan pada harkat manusia, termasuk dimensi sosial budayanya. Jika disimak inti dari pengalaman belajar yang tercakup dalam kurikulum FPOK, maka ada empat rumpun pembekalan kemampuan yang saling bertaut, yaitu (1) penguasaan landasan keilmuan olahraga dan kependidikan, (2) penguasaan kecabangan olahraga, (3) penguasaan teori dan praktek pengajaran dan pelatihan pada umumnya, dan (4) penguasaan keterampilan sosial.

Menyertai keempat rumpun tersebut, dampak pengiring positif dari proses belajar mengajar dan proses pedagogik dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan juga menjadi perhatian utama. Sebab ternyata, dampak pengiring ini melimpah ruah dalam proses pembinaan potensi peserta didik dan sekaligus juga ada unsur pembentukan secara serentak terhadap aspek fisik, intelektual, emosional, sosial, dan moral.

FPOK UPI memiliki tiga Departemen yaitu : Departemen Pendidikan Olahraga; Departemen Kepelatihan dan Departemen Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi. Departemen Pendidikan Olahraga diarahkan untuk menyiapkan tenaga profesioanl berkualifikasi S1 dengan titik berat keahlian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan pendidikan olahraga. Departemen ini memiliki program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Penjas.

Departemen Pendidikan Kepelatihan : Departemen ini diarahkan untuk menyiapakan tenaga profesional berkualifikasi S1 dengan titik berat dalam bidang pelatihan olahraga. Departemen ini memiliki satu program studi yaitu Program Studi Kepelatihan Olahraga. Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi: Departemen ini diarahkan untuk menyiapkan tenaga profesional berkualifikasi S1 untuk menangani ilmu keolahragaan. Departemen ini memiliki Program Studi Ilmu Keolahragaan (IKOR)

Program Studi Keperawatan langsung dikoordinasikan oleh Fakultas. Prodi ini diarahkan untuk menyiapkan tenaga profesional berkualifikasi D3 dalam bidang keperawatan.